HORASS……………..
Nama
: Ridoi H Simbolon
Nim
: 2018 31 008
Kelas
: A
SP
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 + PRAKTEK
Perkenalhon au margoar RIDOI H SIMBOLON Nama rasal sian Medan
ima tepat na di Parapat pesisir
Danau Toba ia au mahasiswa sian “INSTITUT TEKOLOGI PLN “ Dari
Jurusan “TEKNIK INFORMATIKA ” Dison au
naeng manjelashon arti ni “FUNGCION , STRUCTURE DAN FILE STREAM” Na
naung hu parsiajari Selama na 2 minggu on / 14 Pertemuan ima on Tugas SP ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2
+ PRAKTEK hu mana tau adong hurang
panuli hu mohon di maklumi ma ate Alana
sude manusia dang dao sian kesalahan hehehehehe ok dongan dongan hehehehehe
Perkenalkan Nama Saya RIDOI H SIMBOLON
Saya berasal dari Medan yang tepat nya di Parapat Pesisir Danau Toba saya Mahasiswa Dari “INSTITUT TEKOLOGI PLN “ Dari
Jurusan “TEKNIK INFORMATIKA ” di sini
saya akan memberikan sedikit rangkuman
penjelasan dari “FUNGCION
, STRUCTURE DAN FILE STREAM” Yang telah saya pelajari selama 2 minggu /14
Kali pertemuan yg dimana ini adalah
Tugas ssSP ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 + PRAKTEK saya apa bila ada kalimat atau cara tulis saya yang kurang
tolon di maklumi karna semua orang yang hidup tidak jau dari kesalahan
hehehehehe ok saudara saudari sekalian hehehehehe
Function
Dimana
function sebuah struktur, Pengelompokan yang mengandung sekelompok pernyataan
yang akan dilaksanakan oleh CPU jika nama function tersebut dipanggil untuk
dieksekusi, kecuali untuk function utama yang tidak jau dari sitaks yang
biasa kita gunakan dalam menjalankan kodingan atau sebua program yaitu int main() yang akan dieksekusi
secara otomatis. Sebelumnya kita sering meilihat tanpa mengerti int
main() pada contoh programyang biasa kita gunakan . Pada setiap program yang
kita buat pasti memiliki satu function utama dan merupakan awal dari program
yang kita buat dan berjalan atau CPU
melakukan eksekusi dari sekelompok pernyataan yang kita berikan, semua itu akan
di mulai dari function int main(), function tersebut merupakan function
utama yang akan menjadi kepala dari program dimana semua eksekusi pernyataan
berawal.
Bisakah
kita bayangkan melakukan pemrograman sebuah program yang sangat-sangat besar
dan memerlukan pernyataan yang sangat panjang, apa lagi jika sebuah proses
mempunyai banyak pernyataan dan dibutuhkan tidak hanya sekali, itu pasti akan
membuat kita semakin pusing jika di dunia ini tidak ada function. Maka, disini
Function sangat membantu kita untuk membuat pengelompokan pernyataan
berdasarkan tugas, proses atau katagori. Ketika kita membutuhkan kelompok
pernyataan tersebut kita cukup memanggil nama function tersebut yang dimana
dalam bentuk penulisan sintaksnya
Bisa
kita lihat dan sering kta gunakan dalam menjalan kan program
tipe
nama (parameter1, parameter2, …){
Pernyataan
}
Yang dimana sintaks yang di atas memiliki keterangan sebagai berikut :
Tipe
dimana Tipe itu adalah sebuah
return type/data type dari Function, function dapat memiliki nilai di saat
akhir hidup dari function dan hal itu disebut pengembalian nilai. beberapa
function dapat mengembalikan nilai hasil operasi yang dilakukan di dalam
function tersebut. tapi juga ada function yang tidak akan mengembalikan nilai
dari operasi di dalam function tersebut, untuk membuat function tanpa melakukan
pengembalian nilai kita bisa menggunakan tipe data void, jika berniat
membuat function yang dapat mengembalikan nilai, sesuaikanlah tipe data dengan
tipe nilai yang akan dikembalikan.
Nama itu
adalah nama atau identifier, adalah sebuah identitas atau nama dari
function tersebut. Dan Parameter kita dapat mengkosongi jika tidak
membutuhkan. Parameter adalah pemesanan memori untuk menyimpan argumen yang
berisi nilai disaat pemanggilan function. parameter tersebut akan bersifat
lokal bagi function tersebut, tidak bisa digunakan diluar function.
Pernyataan = adalah tempat dimana pernyataan-pernyataan di tulis. Semua
itu Berada di tengah-tengah { dan }.
Di
bawah ini adalah Contoh Program dari Function
//Deklarasi
dan Pemanggilan Function
#include
<iostream>
using
namespace std;
int
result;
void
cetakPesan (){
cout<<"Belajar
C++"<<endl<<endl;
}
int
tambah (int a, int b){
result = a+b;
//atau kita bisa menggunakan return
return a+b;
}
int
main () {
cetakPesan();
cout<<"tambah(5,6) =
"<<tambah(5,6)<<endl;
cout<<"result =
"<<result<<endl;
return 0;
}
Di
sini saya akan memberikan sedikit soal dan jawaban yang dimana aada 10 soal
diantaranya 4 pilihan ganda dan 6 essay apabila ada kesalahan dalam jwaban
maupun soal saya memina maaf dan mohon di maklumi saudara saudari .
Soal
soal Fungcion sebagai berikut
Pilihan
ganda
1 Sekumpulan statement, variabel, parameter yang
dijadiakan satu untuk mengerjakan satu atau lebih operasi dan mempunyai satu
nilai balik, feeback bisa bertipe data apa saja sesuai deklarasi disebut . . .
.
A. Procedure
B. Function
C. Parameter
D. Fungsi
rekrusif
E. Pointer to function
2 Parameter yang digunakan untuk
menampung nilai yang akan dijadikan keluaran yang akan dikirimkan ke bagian
yang memanggil fungsi tersebut adalah . . . .
A. Parameter Input
B. Parameter Output
C. Parameter Input/Output
D. Function Input
E. Function Output
3 Parameter yang digunakan untuk menampung
nilai yang akan dijadikan masukan yang akan dikirimkan ke bagian yang memanggil
fungsi tersebut adalah . . . .
A. Parameter Input
B. Parameter Output
C. Parameter Input/Output
D. Function Input
E. Function Output
4
Suatu variabel yang berfungsi menampung nilai yang akan dikirim ke
dalam fungsi atau sebaliknya adalah . . . .
A. Procedure
B. Function
C. Parameter
D. Fungsi
rekrusif
E. Pointer to function
Soal
Fungcion essay
1. jelaskan perbedaan procedure dan function !
2. jelaskan perbedaan variabel lokal dan
variable global !
3. jelaskan perbedaan parameter formal dan
parameter actual !
4. jelaskan perbedaan call by refference dan
call by value !
5. Tuliskan contoh function masing-masing 1
buah !
6.
sebutkan.macam macam fungcion Pada C++!
JAWABAN
1.
Procedure adalah menuliskan, mendeklarasikan nama-nama konstanta, peubah dan
tipe (jika ada) serta menjabarkan rangkaian aksi yang akan dilakukan. Function
adalah upa-program yang memberikan/mengembalikan sebuah nilai dari tipe
tertentu (tipe dasar atau tipe bentukan).
2. Variabel Lokal adalah nama-nama
(konstanta,peubah,tipe, dll) yang dideklarasikan dalam prosedur hanya “dikenal”
didalam badan prosedur yang bersangkutan. Variabel Global adalah nama-nama
(konstanta,peubah,tipe,dll) yang dideklarasiakan didalam program utama maupun
didalam prosedur yang dipanggil. Perbedaannya : Variabel local hanya dapat
digunakan didalam prosedur yang bersangkutan, sedangkan variable global dapat
digunakan didalam program utama maupun dalam prosedur.
3.
Parameter Formal adalah Parameter yang diberi nilai dan yang terdapat
dalam daftar parameter fungsi. Parameter Actual adalah Parameter yang memberi
nilai. Parameter fungsi dan digunakan untuk memberi nilai pada parameter
formal.
4.
Call By Value adalah Pelewatan parameter melalui nilai maksudnya fungsi
menerima masukan berupa nilai, bukan alamat memori letak dari datanya dan nilai
tersebut disimpan di alamat memori yang terpisah dari nilai aslinya yang
digunakan oleh bagian program yang memanggil fungsi. Call By Reference adalah
Pelewatan parameter ke dalam fungsi dengan menyalin alamat dari suatu variable
aktualnya. Fungsi yang menerima kiriman alamat ini akan menggunakan alamat yang
sama untuk mendapatkan nilai datanya.
5. Contoh Function : { F(x) = 2x2 + 5x –
8 , x € R }
Function F (input x : real ) << Real
{
mengembalikan nilai F (x) = 2x2 + 5x – 8, x € R }
DEKLARASI
{ tidak ada }
ALGORITMA
Return 2*x*x + 5*x - 8
6. A. Void(Fungi tanpa nilai balik)
·
Fungsi
yang void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut
tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi
tersebut.
B. 2. NonVoid(Fungsi
dengan nilai balik)
Fungsi
non-void disebut juga function. Disebut non-void karena mengembalikan nilai
kembalian yang berasal dari keluaran hasil proses function tersebut .
Structure
Structure
(struktur) adalah sebuah kumpulan elemen
data yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Dengan kata lain, structure
merupakan bentuk struktur data yang dapat menyimpan variabel-variabel dalam
satu nama. Dimana masing-masing elemen
data dikenal dengan sebuah field. Masing-masing field dapat memiliki tipe data
yang sama ataupun berbeda digunakan untuk mengelompokan sejumlah data yang
mempunyai tipe data yang berbeda. Variabel-variabel yang membentuk sebuah
struktur dinamakan elemen struktur.
Di
dalam Pendeklarasian structure yang
selalu diawali dengan tanda kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup
yang diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ). Jika terdapat field dengan tipe
data yang sama, dapat dideklarasikan bersama yang dipisahkan oleh tanda koma ( , ) sehingga
kita tidak perlu menuliskan tipe datanya berulang-ulang .
Di
bawa ini Bentuk umum dari sintak structure :
struct
nama_struct
{
<tipe_data> nama_field_1;
<tipe_data> nama_field_2;
...
<tipe_data> nama_field_n;
}
Ini
adalah Contoh Program Sederhana Struct menggunakan Dev C++ karena saya meggunakan dev C++ dalam
menjalankan program yang saya pelajari
di pertemuan pertemuan yang lalu
#include
<iostream>
#include
<conio.h>
using
name space std;
main()
{
struct
{
long nim;
char name;
char nilai;
}mahasiswa;
system("color a");
printf("\nMasukan Nim :
");scanf("%li", &mahasiswa.nim);
printf("Masukan Nama :
");scanf("%s",&mahasiswa.nim);
printf("Masukan Nilai :
");scanf("%f",&mahasiswa.Nilai);
printf(\n);
printf("NIM : %li
\n",mahasiswa.nim);
printf("NAMA : %s
\n",mahasiswa.nama);
printf("NILAI : %2f
\n",mahasiswa.nilai);
}
Untuk
menggunakan structure kita dapat melakukan
dengan menuliskan nama structure yang diikuti dengan nama fieldnya yang
dipisahkan dengan tanda titik (.) atau dengan
tanda panah ( -> ). Yang sering kita gunakan dalam
membuat program
Jika variabel tunggal, maka digunakan tanda titik sebagai pemisahnya,
namun untuk variabel pointer maka tanda yang digunakan
adalah panah sebagai pemisahnya.
Sebagai
contoh, saya akan mengambil dari
structure dari Mahasiswa diatas dan kita akan melakukan pencetakan biodata
seorang mahasiswa ke dalam layar maka penulisannya dapat kita lakukan seperti dibawah ini :
cout<<
Mhs. NIM; cout<< Mhs
-> NIM;
cout<<
Mhs. Nama; cout<< Mhs -> NIM;
cout<<
Mhs. Alamat; cout<< Mhs -> NIM;
cout<<
Mhs. Ipk; cout<< Mhs -> NIM;
jikalau
ada salah dalam penyusunan di atas harap
di maklumi ya saudara saudariku hehehehe
Soal
Structure sebagai berikut
1.
sebutkan
Pendefinisian Tipe untuk Structure!
2.
sebutkan
pengertian Structure!
3.
Apa itu
Pendeklarasian structure!
4.
Sebutkan
kegunaan structure!
5.
sebutkan
kelebihan penggunaan structure dalam suatu program!
6.
Kelebihan
Serta kekurangan Nested structure!
7.
jelaskan
fungsi program menggunakan structure!
8.
buatlah
contoh program sederhana menggunakan structure
JAWAB
1.
Bila tidak
ingin memakai kata “struct” saat mendeklarasikan sebuah variabel structure
maka dapat membuat definisi structure
itu sendiri. ditulis dalam HURUF BESAR.
2.
sebuah kumpulan elemen data yang digabungkan menjadi
satu kesatuan. Dengan kata lain, structure merupakan bentuk struktur data yang
dapat menyimpan variabel-variabel dalam satu nama.
3.
Pendeklarasian
structure selalu diawali dengan kata baku struct yang kemudian diikuti dengan
nama structure serta deklarasi field-field yang membangun structure
diantara pasangan tanda kurung kurawal ( {} ) dan diakhiri
dengan tanda titik koma (;) . Jika terdapat field dengan tipe data
yang sama , dapat dideklarasikan bersama dengan dipisahkannya oleh tanda koma (,)
sehingga tidak perlu menuliskan tipe datanya secara berulang-ulang .
4.
a. Memberikan
kemudahan dalam proses pemrograman
b Memudahkan dalam
menggunakan konsep algoritma
c Memudahkan dalam pengaturan
data
d Mempercepat dalam menemukan
masalah saat coding.
e Memudahkan dalam menyusun bahasa pemrograman
5.
Kelebihannya
yaitu supaya mempermudah program dalam mendeklarasikan variabel dan lebih
ter-struktur.
6.
Kelebihan :
1.Membuat struktur program lebih bagus, karena tiap struct bisa di
pecah menjadi pecahan struct - struct
dan bisa di gabung di struct induk
2.struct - struct yang ada bisa di aplikasikan ke struct yang lainya
Kekurangan :
1. Kode menjadi lebih panjang
2. Sedikit lebih rumit dari stuct tungga
7. untuk
membantu system analyst dan programmer mengkomunikasikan program dan sistem
yang akan dibuat sehingga sistem lebih mudah dipahami dan dipelihara karena
komponen dasar sistem tergambar jelas pada tiap modul beserta dengan
keterkaitan antarmodulnya.
8. #include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{
struct
{
char
nim[5];
char
nama[15];
float
nilai;
}
mahasiswa;
clrscr();
cout<<"masukan
NIM = ";
cin>>mahasiswa.nim;
cout<<"masukan
Nama = ";
cin>>mahasiswa.nama;
cout<<"masukan
Nilai Akhir = ";
cin>>mahasiswa.nilai;
clrscr();
cout<<"NIM
= "<<mahasiswa.nim<<endl;
cout<<"Nama
= "<<mahasiswa.nama<<endl;
cout<<"Nilai
Akhir = "<<mahasiswa.nilai<<endl;
getch();
}
FILE
STREAM
File
adalah sekumpulan data yang disimpan dalam media penyimpanan luar seperti
disket/harddisk. Dalam C++ file adalah sebuah stream yang disimpan dalam media
penyimpanan luar. Karena merupakan sebuah stream, operasi yang berlaku pada
stream berlaku juga untuk file. Stream adalah suatu logika device yang
menghasilkan dan menerima informasi atau wadah yang digunakan untuk menampung
keluaran dan menampung aliran data
Dalam
materi ini ada terdapat struktur atau susunan yang ada di di dalam materi ini
antar lain Hirarki I/O class dimana
ios adalah virtual base class untuk class istream dan ostream. Berisi
fasilitas dasar untuk melakukan proses input/output. Dan istream adalah susunan
kedua yang dimana Istream ( input
stream ) mendefinisikan fasilitas untuk melakukan input suatu informasi. Di
dalamnya didefinisikan fungsi get ( ), getline ( ), extractor operator >>
sedangkan Ostream ( output stream )
mendefinisikan fasilitas untuk melakukan setting terhadap output. Dan yang
terakhir Iostream : yang berisi semua fasilitas dari ios, istream, ostream
ditambah beberapa fungsi untuk menyempurnakan kerja dari fungsi yang
dideklarasikan pada base class. Dan untuk melakukan proses file I/O, diperlukan
file header fstream.h didalam program. Dalam file fstream.h didefinisikan
beberapa class/object yang berhubungan dengan pemrosesan file, yaitu :
ifstream, ofstream, fstream yang diturunkan dari istream dan ostream.
Dalam
materi ini kita dapat mngetahui bahwa file stream mempunyai InputStream dan OutputStream
yang dimana sebagai berikut :
InputStream.
Input Stream merupakan class abstrak sehingga anda tidak dapat secara lansung
menggunakan class ini .dalam pemrograman kita akan berurusan dengan
subclass-subclass dari class ini yang memberikan fungsi khusus yang bervariasi.
OutputStream
OutputStream merupakan class abstrak tan tidak dapat lansung anda gunakan dalam
program .anda dapat menggunakan subclass dari outputstream dalam program.
Dalam
mendeklarasikan suatu stream, dapat menghubungkan stream tersebut dengan file,
dimana proses ini berhubungan dengan operasi terhadap file yang kita buat .
Terdapat
Tiga proses utama dalam mengelola file
sebagai berikut :
1.
membuka file
2. melakukan proses terhadap file
3.
menutup file
Sebelum
membuka file, kita harus mengetahui keadaan mode filenya. Keadaan
yang
perlu kita ketahui adalah :
1. untuk membuka file dengan tujuan untuk output,dimana
digunakan ofstream.
2. untuk membuka file dengan tujuan untuk input,dimana digunakan ifstream.
3. untuk membuka file dalam keadaan input maupun
output, kita dapat gunakan
fstream.
Cara
kerjanya File Stream
Dengan
Drive File Stream, kita dapat
mengalirkan file Drive langsung dari cloud ke Mac atau PC, sehingga bisa
mengurangi kebutuhan ruang disk dan bandwidth jaringan.
Soal
File Stream sebagai berikut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar